Ternyata menulis itu susah…!!

Saya pernah membaca sebuah buku yang mengajarkan bahwa menulis itu mudah. Tapi pada kenyataanya, ketika saya coba memulai untuk menulis “apa saja” disini, ternyata tidak semudah apa yang dinyatakan oleh buku tersebut.

Buku tersebut mengungkapkan bahwa menulis sama seperti seseorang yang sedang berbicara, hanya medianya saja yang berbeda. Berbicara tentunya menggunakan suara dan mulut untuk menyampaikan sesuatu sedangkan menulis menggunakan media tulisan untuk menyampaikan sesuatu baik itu berupa ide, usul, masukan, kritik dan lain sebagainya.

Saya baru saja memulai untuk belajar menulis karena sepertinya menulis itu menarik dan juga melatih otak agar kreatif dan berfungsi. Bukan berarti orang yang tidak menulis, otak mereka tidak kreatif dan tidak berfungsi, hanya menulis membuat otak terlatih untuk berpikir.

Selain menulis, mencari ide tulisan pun sama susahnya seperti menulis itu sendiri. Menyusun kalimat pun tak lebih mudah daripada menulis. Artinya…hampir keseluruhan bagian untuk menulis itu memang susah, karena itu saya akhirnya salut kepada para jurnalis yang mampu menyampaikan berita dan membuat orang mengerti apa yang ditulisnya dan menangkap kejadian atau peristiwa yang ingin disampaikan dengan cara menulis.

Mulai belajar menulis…